SATUAN PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS PADJADJARAN

Search

ASIIN

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.
Lembaga akreditasi ini sudah memiliki pengalaman menilai ribuan prodi berskala internasional. yang kredibel dan diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kepmendikbud RI Nomor 83/P/2020.
Akreditasi internasional ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation), dan hal penting yang harus ditunjukan adalah program sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan evaluasi ketercapaian luaran program (Program outcome) dan institusi menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE.

IABEE

IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)merupakan sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing.
Dengan mengakreditasikan Prodi ke IABEE (khusus tipe General Accreditation), maka Prodi akan memperoleh rekognisi substantial equivalent dalam kerangka perjanjian-perjanjian internasional yang diikuti oleh IABEE. Dengan demikian, Prodi akan dipandang mampu oleh masyarakat internasional untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang menguasai Capaian Pembelajaran yang secara substansial disepakati di dalam perjanjian-perjanjian tersebut, sebagai bekal menapaki karir profesional yang sejalan. Prodi juga dipandang mampu untuk menjalankan sistem manajemen mutu yang mengarah pada perbaikan berkelanjutan, berdasarkan pengukuran dan evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusannya masing-masing.

ABEST21

ABEST21 adalah singkatan dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization. 
Merupakan lembaga akreditasi untuk program studi bisnis atau di kawasan Asia-Pasifik yang bertujuan untuk menjamin kualitas pendidikan dan penelitian pada sekolah bisnis, termasuk Administrasi Bisnis, Manajemen Teknologi, Pengelolaan sistem informasi, Keungan, dll.
Proses untuk terakreditasi oleh Abest21 memiliki beberapa tahapan yaitu dimulai dari menjadi membership, penilaian eligibility untuk di akreditasi, penyusunan dokumen Quality Improvement Program (QIP), presentasi QIP di hadapan Board Members dan PRT (Peer Review Team).
Setelah dinyatakan sukses dalam penyusunan QIP maka tahap berikutnya adalah penyusunan dokumen self evaluation report (SER). Setelah dokumen self evaluation report dinyatakan succesfull maka akan dilakukan visitasi atau ‘on site interview’ oleh tim Abest21 dan hasil review akreditasi akan di umumkan kepada Menristekdikti, Fakultas, Stakeholders dan komunitas School of Busienss di seluruh dunia.
Keuntungan menjadi anggota Abest21 adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang best practices pengelolaan standar mutu FEB secara internasional untuk menghasilkan lulusan yang professional dan diakui secara interasional.

FIBAA

FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan agen Eropa yang berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi yang berbasis di Bonn, Jerman. FIBAA didirikan pada tahun 2002 untuk melakukan akreditasi terhadap sekolah bisnis di dunia. FIBAA juga termasuk lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Akreditasi internasional FIBAA merupakan salah satu standar kualitas pendidikan tinggi yang diakui secara global. Proses akreditasi ini meliputi penilaian dokumen, wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan, kunjungan lapangan, dan evaluasi laporan.
Proses akreditasi internasional FIBAA membutuhkan waktu kurang lebih 9 bulan. Proses tersebut dimulai dengan pembentukan task force team pada masing-masing program studi dan juga pada tingkat fakultas. Task Force Team ini memiliki tugas untuk menyusun Self Assesment Report (SAR) dan bukti dukungnya yang terdiri dari beberapa komponen antara lain penjaminan mutu, kurikulum, proses pembelajaran, kualitas infrastruktur pendukung perkuliahan, serta proses penerimaan mahasiswa.
Selanjutnya, FIBAA menunjuk para asesor untuk melakukan visitasi yang terdiri dari representasi professor di bidang terkait, representasi praktisi/industri, representasi mahasiswa, serta country expertise dari Universitas di Indonesia.

AQAS

AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes).
Merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional asal Jerman yang menilai standar kualitas universitas di dunia berdasarkan standar pendidikan tinggi Eropa (EHEA).
Akreditasi internasional AQAS dibuat didasarkan “Standar dan Pedoman Penjaminan Mutu di Wilayah Pendidikan Tinggi Eropa” (ESG) sebagai standar umum untuk penjaminan mutu internal dan eksternal dalam pembelajaran dan pengajaran.
Dalam proses akreditasi, AQAS akan mengevaluasi kualitas program studi pada perguruan tinggi berdasarkan standar yang ditetapkan oleh organisasi akreditasi internasional. Standar tersebut meliputi kualitas pengajaran, pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, manajemen program studi, dan prestasi lulusan.
Setelah menyelesaikan proses akreditasi, perguruan tinggi akan menerima sertifikat akreditasi AQAS yang menunjukkan bahwa program studi yang diselenggarakan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh AQAS dan terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas. Akreditasi AQAS dapat membantu meningkatkan reputasi perguruan tinggi dan program studi, serta memberikan kepercayaan kepada calon mahasiswa, calon pengajar, dan pemangku kepentingan lainnya.

RSC

RSC (Royal Society of Chemistry) merupakan sebuah organisasi profesional perhimpunan cendekiawan di Britania Raya yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu kimia. Melalui akreditasi, RSC mempromosikan good practices dalam pendidikan kimia universitas, dan memastikan bahwa para ilmuwan kimia masa depan memiliki pengetahuan yang luas dan kompetenAkreditasi Internasional RSC berlaku selama lima tahun.
Berikut informasi terkait RSC: 

https://www.rsc.org/membership-and-community/degree-accreditation/#requirements
Benefits of RSC Accreditations
Apply for RSC Accreditation
Key requirements of RSC

IMarEST

IMarEST adalah lembaga riset internasional yang berkedudukan di Inggris, yang bergerak di bidan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi kelautan dan Kemaritiman. Lembaga ini didirikan sejak tahun 1888.
IMarEST merupakan sebuah lembaga yang terkemuka di dunia kelautan, memberikan pengakuan atas keunggulan dan standar kualitas yang tinggi dalam bidang ilmu kelautan. Akreditasi ini merupakanpengakuan terhadap kualitas pendidikan dan fasilitas yang ditawarkan di Program Studi Ilmu Kelautan

AACSB

AACSB (the Association to Advance Collegiate Schools of Business) AACSB International adalah organisasi keanggotaan nirlaba yang memajukan dan mempromosikan manajemen mutu pendidikan di seluruh dunia. Merupakan lembaga akreditasi sekolah bisnis tertua di dunia berbasis di Amerika Serikat. Saat ini hanya sekitar 5% dari ribuan sekolah bisnis di seluruh dunia yang berhasil mendapatkan akreditasi AACSB.
Lembaga yang mencari akreditasi harus menunjukkan komitmen terhadap manajemen mutu pendidikan sebagaimana penelitian terhadap manajemen strategis, peserta dan jaminan standar pembelajaran.
Proses akreditasi meninjau praktik penjaminan mutu institusi dan efektivitas misi Fakultas dalam mendorong dan menjunjung standar peningkatan kualitas.