Tim Asesor BAN PT Lakukan Visitasi ke Enam Program Studi di Unpad

[Unpad.ac.id, 03/03/2017] Awal pekan ini, enam program studi Sarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran akan dilakukan visitasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Keenam prodi tersebut yaitu: Antropologi, Manajemen Komunikasi, Kesejahteraan Sosial, Sosiologi, Teknik Geologi, dan Sastra Indonesia.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad menerima secara resmi tim asesor BAN PT di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Jumat (03/03) (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad menerima secara resmi tim asesor BAN PT di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Jumat (03/03) (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Pelaksanaan visitasi setiap program studi berlangsung tanggal 1-3 Maret (Antropologi), 2-4 Maret (Manajemen Komunikasi), 2-3 Maret (Kesejahteraan Sosial dan Sosiologi), 2-5 Maret (Teknik Geologi), dan 6-7 Maret (Sastra Indonesia). Dari keenam prodi tersebut, prodi Manajemen Komunikasi baru melaksanakan proses akreditasi untuk pertama kali.

Menurut Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, proses visitasi dalam rangka akreditasi dan reakreditasi ini diharapkan dapat menjadi bagian penting untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di Unpad agar lebih baik lagi. Hal tersebut dikemukakan Rektor saat menerima secara resmi tim asesor BAN PT di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Jumat (03/03).

“Terima kasih atas kehadiran tim asesor ke Unpad, kami berupaya menjalankan lebih dari sekadar proses akreditasi,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, tim asesor BAN PT diharapkan dapat terjadi tukar menukar pemikiran, pandangan, dan interaksi dengan fakultas maupun prodi yang tengah divisitasi. “Kita harapkan bangun jejaring kesejawatan. Ke depan, ada waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk membicarakan hal yang bisa kita jalin, sehingga ada kerja sama yang bisa dibangun,” papar Rektor.

Pada saat proses visitasi, Rektor juga menyilakan tim asesor untuk menyampaikan berbagai hal yang bisa diperbaiki prodi. “Mohon disampaikan saja,” imbuh Rektor.

Dalam acara penerimaan tersebut, hadir Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik, Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Dekan Fikom, Dekan FTG, Dekan FISIP, Ketua dan Wakil Satuan Penjaminan Mutu Unpad, serta para ketua program studi dan perwakilan dosen dari prodi yang divisitasi.

Adapun tim asesor BAN PT yang melakukan visitasi diantaranya: Prof. Dr. Hamka Naping, M.A., (visitasi ke Antropologi); Dr. Phill. Hermin Indah Wahyuni, M.Si., dan Dr. Turnomo Rahardjo (visitasi ke Manajemen Komunikasi); Dr. Deny Setiawan, M.Si., (visitasi ke Kesejahteraan Sosial); Prof. Dr. Partini, SU., (visitasi ke Sosiologi); Prof. Dr. Subagyo Pramumijoyo, Ir., DEA., Dip., HRD., dan Dr. Barlian Dwinagara (visitasi ke Teknik Geologi); serta Dr. Muhammad Rahmadi, M.Hum., dan Dr. Pujiharto, M.Hum., (visitasi ke Sastra Indonesia).

Sebelumnya, prodi Antropologi, Kesejahteraan Sosial, dan Teknik Geologi meraih peringkat “A”. Sedangkan untuk prodi Sosiologi dan Sastra Indonesia sebelumnya meraih peringkat “B”. Diharapkan, visitasi ini dapat memberikan hasil pemeringkatan akreditasi yang terbaik.*