SPM Unpad Gelar Rapat Koordinasi Penjaminan Mutu

[spm.unpad.ac.id, 13/01/2017] Memasuki tahun 2017 Satuan Penjaminan Mutu Unpad menggelar rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kepala SPM, Wakil Kepala SPM, Staf SPM dan  para Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Sekolah Pascasarjana di lingkungan Unpad, Senin (9/01/2016) di Ruang Rapat SPM, Lt. 4, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Suasana rapat koordinasi Penjaminan Mutu yang dipimpin Kepala SPM Unpad, Funny Mustikasari Elita, di Ruang Rapat SPM, Lt. 4, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (9/01).

Dalam pengarahannya Kepala SPM Unpad, Funny Mustikasari Elita, mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh para Ketua UPM, dan mengucapkan terima kasih kepada para Ketua UPM Fakultas yang telah selesai mengabdikan tugasnya, serta menyambut para Ketua UPM penggantinya. Beliau berharap apa yang sudah dilakukan oleh pendahulunya tetap berjalan simultan dan berkelanjutan dalam penyelenggaraan akreditasi dan sistem penjaminan mutu di prodi.

“Semoga kekompakan dan kerjasama tetap terjalin dengan baik,” ujar Funny.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang lalu dan memberikan informasi dan arahan tentang kebijakan program kerja yang akan dilakukan kedepan,  mulai dari kegiatan sistem penjaminan mutu serta pemahaman dalam mengembangkan perangkat penjaminan mutu dalam melakukan akreditasi dan audit mutu internal.

“Seiring dengan perkembangan Unpad yang sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dan adanya perubahan Organisasi Tata Kelola (OTK) di lingkungan Unpad, maka kita perlu segera menyelaraskan seluruh kegiatan dan program yang akan dilaksanakan ke depan,” tutur Funny.

Dalam kesempatan tersebut dibahas pula tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan sistem penjaminan mutu, serta beberapa hal yang menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti, terutama dalam pembuatan buku-buku pedoman, Capaian Pembelajaran (CP), dan Strategi 3 in 1 (Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), serta penyempurnaan pembuatan standar mutu.

Lebih lanjut Funny juga mengatakan bahwa akreditasi harus tetap ada, sebab negara mewajibkan penyelenggaraan akreditasi. Selain itu Funny pun mengingatkan  sehubungan dengan akan diberlakukannya sistem akreditasi secara online di tahun 2018, dan akan diuji coba mulai pertengahan tahun 2017, maka bagi prodi yang sudah dilakukan pendampingan segera mengirimkan borangnya ke BAN PT sebelum bulan April 2017dan bagi yang akan mengirimkannya setelah April 2017 maka akan dikenakan akreditasi berbasis online.

“Hati-hati bagi fakultas yang memiliki banyak jenjang, sebaiknya pada saat dilakukan pendampingan perlu disandingkan dengan prodi yang lainnya untuk mencegah terjadinya plagiasi,” ujarnya.

Sebelum rapat ditutup Kepala SPM, Funny Mustikasari membekali para Ketua UPM Fakultas dan Sekolah Pascasarjana berupa 17 paket buku pedoman dan panduan kepada para Ketua UPM Fakultas dan Sekolah Pascasarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran.*

Laporan oleh: Wati Sukmawati/ SPM Unpad