SPM Unpad Gelar Workshop Penyusunan LKPS dan LED Akreditasi Program Studi Versi 4.0

[spm.unpad.ac.id, 25/10/2019] Sebanyak 70 peserta mengikuti “Workshop Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Akreditasi Program Studi Versi 4.0”. Kegiatan ini diselenggarakan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Padjadjaran di Aula Gedung Magister Manajemen (MM) Unpad, Jalan Dipati Ukur No.46 Bandung, Jumat (25/10) dan Sabtu (26/10).

Sebanyak 70 peserta mengikuti “Lokakarya Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Akreditasi Program Studi Versi 4.0” di Aula Gedung Magister Manajemen (MM) Unpad, Jalan Dipati Ukur No.46 Bandung, Jumat (25/10) dan Sabtu (26/10).*

Para peserta tersebut berasal dari berbagai universitas, antara lain Universitas Padjadjaran, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN), Universitas Sangga Buana YPKP, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) Depok, Institut Agama Islam (IAIN) Cipasung, Tasikmalaya, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, Universitas Mpu Tantular Jakarta, dan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Ketua pelaksana kegiatan Dra. Wati Sukmawati, M.M. menyampaikan bahwa lokakarya digelar untuk berbagi pengetahuan kepada para peserta dalam penyusunan LKPS dan LED sesuai dengan instrumen yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 4.0. dengan 9 kriteria. Instrumen akreditasi yang dikeluarkan mengacu pada Peraturan Menristekdikti Nomor.32 tahun 2016 tentang Akreditasi Prodi dan Institusi.

“Varian Instrumen baru akreditasi perguruan tinggi ini telah disesuaikan dengan kebutuhan era saat ini. Sehingga dalam peraturan BAN-PT No. 2 Tahun 2018 ini diharapkan setiap perguruan tinggi bisa memiliki kriteria yang jelas dan terukur mulai dari aspek, input, output, dan outcome­-nya,” jelasnya.

Wati juga berharap para peserta untuk selalu optimis dalam penyusunan borang akreditasi ini.

“Mari kita sharing, pastikan kita selalu optimis dalam menghadapi setiap perubahan dan kebijakan. Untuk itu kami mohon kepada para peserta agar memanfaatkan kegiatan workshop ini sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Wakil Kepala SPM Unpad Yuyun Hidayat, M.T., Ph.D. membuka kegiatan ini sekaligus memberikan apresiasi kepada para peserta lokakarya atas kepercayaannya berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegitan ini adalah Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. yang merupakan Kepala SPM Unpad dan Asesor BAN-PT yang memaparkan mengenai Pengantar IAPS 4.0, serta Prof. Dr. Ir. Imas Siti Setiasih, S.U., yang juga merupakan Asesor BAN-PT yang memaparkan mengenai penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan pengantar Laporan Evaluasi Diri (LED).*