Tim Asesor BAN PT Lakukan Visitasi ke Program Studi Magister (S2) Ilmu Ekonomi Unpad

[spm.ac.id, 10/10/2019]  Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi akreditasi Program Studi (Prodi) Magister (S2) Ilmu Ekonomi Unpad, Rabu (09/10/2019). Tim tersebut terdiri dari Prof. Drs. Waridin, M.S., Ph.D (Universitas Diponegoro) dan  Dr. Mamduh Mahmadah Hanafi, MBA (Universitas Gadjah Mada).

Rektor Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., menerima secara resmi tim asesor BAN PT di Ruang Rektor Lt. 2, Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (09/10) (Foto oleh: SPM)*

Menurut Rektor Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., proses visitasi dalam rangka akreditasi dan reakreditasi ini diharapkan dapat menjadi bagian penting dari penjaminan mutu program studi di Unpad agar lebih baik lagi. “Unpad berharap betul Prodi Magister Ilmu Ekonomi setelah di akses oleh BAN PT kurangnya seperti apa walaupun hasilnya sudah ada”. Hal tersebut dikemukakan Rektor saat menerima secara resmi tim asesor BAN PT di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Lt. 2 Unpad Bandung, Rabu (09/10).

“Terima kasih atas kehadiran tim asesor ke Unpad, pendek kata sesama PTN BH mutu harus ditingkatkan. Prodi MIE walaupun tidak banyak mahasiswanya, namun kami berkomitmen dengan standar yang cukup tinggi, kedepan perlu dievaluasi. Prodi MIE kuat di Dosen, riset dan networking dengan PT di luar negeri, sehingga standarnya tinggi.

“Pilihan kita memang sulit, kalau ingin banyak mahasiswanya maka standarnya harus diturunkan, namun kami berkomitmen mahasiswanya sedikit tidak apa-apa tapi riset dan standarnya tinggi pilihannya seperti itu”, ucap Prof. Rina.

Prodi MIE kedepannya mengarah kepada double degree, ke arah akreditasi internasional. Komitmen kerja dosennya tidak diragukan lagi. Outcome based kedepan tidak melihat jumlah mahasiswa tapi yang penting terekognisi.

Sementara itu Asesor BAN PT Prof. Drs. Waridin, M.S., Ph.D  dari Universitas Diponegoro, dan Dr. Mamduh Mahmadah Hanafi, MBA dari Universitas Gadjah Mada, sepakat mengatakan bahwa kedatangan kami selain bersilaturahmi, adalah melakukan assemen lapangan dan merekam apa yang tertuang dalam borang, mencari kualitas yang lebih baik, sharing dan belajar apa yang bisa diperoleh dari sini.

Dalam acara penerimaan tersebut, hadir Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita.,M.Si.,  Dekan FEB, Wakil Dekan FEB, Rektor ke-7 Unpad Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita M.Sc.,  Kaprodi MIE dan perwakilan dosen, tendik dari prodi yang divisitasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan asesmen lapangan langsung ke Prodi Magister Ilmu Ekonomi di Jl. Cimandiri No. 6 Bandung.

Sebelumnya, Prodi Magister Ilmu Ekonomi terakreditasi “A”. Diharapkan, visitasi ini Prodi Magister Ilmu Ekonomi dapat mempertahankan peringkat akreditasi yang telah diperoleh sebelumnya.*

Laporan: oleh Wati Sukmawati (SPM)