Satuan Jaminan Mutu Fakultas (SJMF) Pertanian Universitas Syiah Kuala – Banda Aceh Lakukan Studi Banding Ke UPM Faperta & SPM Unpad

[spm.unpad.ac.id, 29/09/2017] Satuan Jaminan Mutu Fakultas (SJMF) Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, pada hari Jum’at, 28-29 Oktober 2017 lalu, melakukan Studi Banding ke  UPM Fakultas Pertanian (Faperta) dan SPM Unpad.

Studi Banding SJMF Pertanian Unsyiah Banda Aceh ke UPM Faperta dan SPM Unpad, Jatinangor, 28-29 Oktober 2017 lalu. (Foto oleh: Yadi/SPM)*

Di hari pertama rombongan SJMF Pertanian Unsyiah yang terdiri dari Dr. Yuliani Aisyah, S.TP.,M.Si. (Ketua SJMF Pertanian) dan Dr. Siti Hasiah, SP., M.Si. mengatakan bahwa kunjungan tersebut adalah dalam rangka sharing dan menimba wawasan dalam upaya perbaikan berkelanjutan pada sistem pendidikan yang dikembangkan oleh Faperta Unsyiah dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pendidikan di Faperta Unpad serta proses pelaksanaan penjaminan mutu yang dilakukan oleh SPM Unpad.

Di hari pertama rombongan berkunjung ke Unit Penjaminan Mutu Fakultas Pertanian Unpad di Jatinangor, dan diterima oleh Ketua UPM Fakultas Pertanian Unpad Bapak Dr. Ir. H. Wahyu Darajat Natawigena, MS, yang kemudian memberikan paparan dan pengalamannya berkaitan dengan pengembangan pembelajaran dan pelaksanaan penjaminan mutu yang dilakukan di Fakultas Pertanian Unpad, mulai dari proses persiapan hinggga pelaksanaan visitasi. Wahyu juga menjelaskan  tentang  profil dan prodi-prodi yang dimiliki oleh Faperta Unpad, dan mengajak Tim SJMF Pertanian Unsyiah berkeliling kampus Faperta Unpad.

Selanjutnya di hari kedua SJMF Pertanian Unsyiah berkunjung ke SPM Unpad di Lantai 4 Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, yang diterima langsung oleh Kepala SPM Unpad Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si. dan para Fungsional Auditior SPM. Pada kesempatan tersebut baik SJMF Faperta Unsyiah maupun SPM Unpad saling berbagi informasi terkait implementasi keberadaan SPM, road map SPM meliputi bidang akademik dan non akademik, ruang lingkup tugas SPM Unpad yang meliputi Pengembangan SPM berikut auditnya.

Dr. Yuliani Aisyah, S.TP.,M.Si. (Ketua SJMF Pertanian) memaparkan mengenai sejarah terbentuknya SJMF, keberadaan prodi, keterlibatan UPM dan teknis penyusunan borang. Yuliani juga menjelaskan bahwa Fakultas Pertanian Unsyiah memiliki 6 Program studi tingkat Sarjana (Agrotreknologi, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian dan Ilmu Tanah), 2 Program studi tingkat Diploma 3 (Manajemen Agribisnis dan Budidaya Peternakan), serta Program Pascasarjana (S2) di bidang Konservasi Sumber Daya Lahan, Agroekoteknologi dan Agribisnis serta program Doktor (S3) di bidang Ilmu Pertanian.

“Dalam pelaksanaan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA), SJMF Pertanian Universitas Syiah Kuala telah melakukan audit internal secara online dan keberadaan AIMA yang bertugas untuk mengaudit prodi, sangat membantu prodi untuk mengetahui jenis temuan-temuan (berat atau ringan), sebelum submit,” ujarnya.

Kegiatan studi banding SJMF Pertanian Unsyiah berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Kepala SPM Unpad kepada Ketua SJMF Pertanian Unsyiah Banda Aceh dan foto bersama.*

Galeri foto oleh Yadi Mulyadi

Rillis: Nani Suryani/SPM Unpad/ws